Kegunaan Kartu RFID


Hasil gambar untuk rfid chip
Sebelum membahas kegunaan RFID di masa kini mari kita bahas dulu apa itu RFID, RFID singkatan dari Radio Frequency Identification adalah sebuah sistem identifikasi yang memungkinkan mengambil data tanpa harus bersentuhan dengan barcode atau magnetic card, chip RFID ini dapat di masukan kedalam Kartu, Produk, Hewan, bahkan manusia yang bertujuan untuk mengidentifikasi menggunakan gelombang radio. Chip RFID berisi tentang informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat di baca hingga beberapa meter jauhnya. Sistem pembaca RFID tidak memerlukan kontak langsung seperti sistem pembacaan kode batang. 

Hasil gambar untuk rfid chip card

Label RFID terdiri dari 2 struktur yaitu : 
  • Mikrochip silikon 
  • Antena
Ada 3 jenis label RFID yaitu
  1. Label RFID Aktif, label ini biasanya lebih besar karena memerlukan sumber listrik. Label RFID akan mengirim sinyal ke pembaca (Reader/Scanner), label ini memliki andal dan sinyal yang akurat maka biasanya label RFID aktif akan digunakan di lingkungan tertentu/lingkungan sulit contohnya seperti di bawah air atau dari jarak yang jauh untuk mengirimkan data.
  2. Label RFID Pasif, label ini cenderung lebh kecil karena tidak memliki pasokan listrik sendiri, dan bergantung pada readernya untuk mengirimkan data. Cara kerja RFID Pasif : 
    1. Sebuah arus listrik di terima melalui antena 
    2. daya pada CMOS hanya digunakan untuk memberikan tanggapan 
  3. Label Semi-Pasif RFID hampir mirip dengan label aktif. Label Semi-Pasif RFID memiliki daya sumber internal tetapi tidak mentramnisikan data terlebih dahulu tetap menunggu pembaca untuk mentanmisikan listrik ke kartu 
Kegunaan kartu RFID di era sekarang ini :
  1. Member card
  2. Id Card 
  3. Kartu Kunci Hotel 
  4. Kartu Parkir 
Dengan majunya teknologi jaman sekarang maka kebutuhan untuk penggunaan RFID juga meningkat maka dengan itu kami Pusat Kartu id card menyediakan berabgai macam jenis kartu RFID Mifare, link pembelian tertera di bawah ini : 

Komentar

Posting Komentar